Sabtu, 08 Maret 2008

LASKAR PELANGI ...sebuah Aufklarung buat saya

Mungkin saya rada telat membaca buku Laskar Pelangi tulisan Andrea Hirata ...tapi terus terang saya terkesan sekali dengan isinya.

Buat yang belum membaca buku ini ...buku ini berkisah tentang perjuangan 10 orang anak untuk dapat menempuh pendidikan dasar di daerah Belitung dengan berbagai hambatannya mulai dari dana, bangunan sekolah, jarak . Bener - bener menohok ya...bahwa di Indonesia , malahan di daerah yang kaya sumber daya alam ..pendidikan begitu sulit ditempuh. Mudah- mudahan para petinggi negeri membaca buku ini ...


Yang jelas setelah membaca buku ini saya tercenung , yang bisa saya ambil 'hikmahnya' :) ... Hidup adalah perjuangan ( he he kayak Bang Roma ya ?) . Waktu membaca buku ini kebetulan saya yang sedang merintis bisnis sendiri sedang merasa down...merasa kok target saya belum tercapai ya . Membaca buku ini saya merasa tertampar ...betapa anak2 yang untuk sekolah SD aja harus bersepeda 40 km , atau anak2 yang sebelum sekolah harus menjadi kuli dulu tetap saja menikmati hidup


Saya juga menemukan bukti nyata dari The Secret pada perjalanan hidup Ikal atawa Andrea... Bener seperti Rhonda jabarkan di bukunya The Secret ( yang juga amazing menurut saya ) bahwa kita harus punya satu keinginan kuat yang ingin dicapai dan Alam (Universe) akan memberikannya kepada kita .

Tapi dengan Laskar Pelangi saya baru 'ngeh' ...kita nggak cukup Meminta (Ask) saja ke pada Alam..menuju itu ada usaha konsisten ,pantang mundur dan semangat baja ...baru Alam ( kalau menurut saya Allah) akan mengabulkan. Diceritakan Ikal dan Arai akhirnya tercapai juga keinginannya untuk Sekolah di Sorbonne ....tapi dengan usaha yang membuat saya merinding ..mulai dari jadi kuli di pelabuhan sampai bekerja sambil kuliah. Bener2 buku ini menjadi Aufklarung (pencerahan) buat saya


Jadi saya ambil kesimpulannya ...tetapkan target kita, simpan dalam pikiran, kerja keras tanpa kompromi dalam prosesnya ..dan hasilnya akan datang . Toh yang di atas pasti melihat usaha yang kita lakukan
Kalau dalam Islam kan dituliskan Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum hingga kaum itu berusaha merubah nasibnya sendiri. Atau mungkin petatah lama bilang Ora et Labora

Tidak ada komentar: