Minggu, 16 Maret 2008

Rindu Toraja

Aku ke Toraja baru sekali...itupun udah lamaaa banget.
Waktu itu tahun 1997 , aku masih kuliah dan ikutan ekspedisi panjat tebing di Bambapuang, Enrekang (itu deket Toraja) . Ekspedisinya sendiri mengesankan banget ...cewek semua ...manjat tebing out of nowhere ( waktu itu seh masih jarang rumah penduduk ) . He he kayaknya tentang ekspedisi ini sendiri harus 1 topik khusus mbahasnya .

Yang jelas selesai ekspedisi aku dan teman2ku Ita, Andi, Maya, Nadira dan tim pendukung jalan2 ke Toraja . Begitu sampai disana kebetulan suasananya rada mendung ... perasaanku damai banget , ni kota indah bener ( bayanganku waktu itu ...kayak Nepal kali ya ...he he sok tahu abis deh). Aku langsung berkhayal ... nti bulan madu aku mau ke Toraja ( sayangnya sampai sekarang belum kesampaian he he)

Disana kita ke Rantepao dan di jamu abis sama Bang Agus Lamba, dia itu salah seorang tokoh pemuda disana , dia punya wisma dan usaha tourist guide . Kita diajak rafting di Sungai Maiting .... Masya Allah ...itu sungai baguuus banget , walaupun kecil tapi alirannya lancar dan berwarna bening kehijauan . Belum lagi pemandangan sepanjang sungai ...tebing batu yang baguus, sekali2 ada biawak di pinggir. Walaupun udah sepuluh tahun yang lalu ...kayak masih terbayang di mataku sekarang.
Waktu itu sempet juga ngeliat upacara adat ...bukan pemakaman sih , upacara mindahin makam...jadi nggak terlalu besar . But still ..Unique. Sempet juga jalan2 liat pasar sapi yang rame banget

Pingin banget deh balik ke Sulawesi , jalan2 ma suami ke Makassar, Maros, Bantimurung dan tentunya Toraja .
Mungkin nanti kalau anak2 sudah agak besar ya ...sekarang ngumpulin dananya dulu :))

Tidak ada komentar: